Kamis, 28 November 2013

SINOPSIS EKONOMIKA MANAJERIAL



SINOPSIS EKONOMIKA MANAJERIAL

       Ekonomika Manajerial (Managerial Economics) didefinisikan sebagai ilmu yang berkaitan dengan aplikasi konsep-konsep dan analisis ekonomi untuk memecahkan permasalahan dan memformulasikan keputusan manajerial secara rasional. Ilmu ini kadang-kadang disebut sebagai “ekonomika bisnis” dan merupakan cabang dari ekonomika yang menggunakan analisis ekonomika mikro untuk membuat keputusan bisnis atau unit-unit manajemen lainnya. Dengan demikian, ia “menjembatani” teori ekonomika dan bisnis dalam praktek.
       Ekonomika manajerial banyak menggunakan teknik-teknik kuantitatif seperti analisis regresi dan korelasi, Lagrangian calculus (linear), konsep-konsep derivatif (turunan), marginal cost, marginal revenue, dan lain-lain. Optimisasi keputusan bisnis, yaitu keuntungan maksimum, yang diperoleh dengan optimisasi output, merupakan pembahasan utama dari ekonomika manajerial.
       Sedang area keputusan manajerial mencakup:
·         Perkiraan dana yang dapat diinvestasikan
·         Memilih alaternatif bisnis
·         Memilih produk
·         Menentukan output optimum
·         Menentukan harga produk
·         Menentukan kombinasi input dan teknologi
·         Promosi penjualan

      Bisnis apa pun dapat dianalisis dengan menggunakan teknik-teknik atau metode ekonomika manajerial, yang mana teknik-teknik tersebut biasanya dipakai untuk:
·         Analisis risiko – berbagai model yang biasa digunakan untuk menghitung risiko dan informasi asimetrik dan menggunakannya untuk mengendalikan risiko.
·         Analisis produksi – teknik-teknik ekonomi mikro biasa digunakan untuk menganalisis efisiensi produksi, alokasi faktor-faktor produksi yang optimum, biaya-biaya, economies of scale, dan untuk mengestimasi fungsi biaya.
·         Analisi penentuan harga – teknik-teknik ekonomika mikro biasa digunakan untuk menganalisis berbagai keputusan-keputusan tentang harga, penentuan harga produk kombinasi, diskriminasi harga, estimasi elastisitas harga permontaan, dan memilih metode penentuan harga optimum.
·         Anggaran modal – teori investasi digunakan untuk mengevaluasi keputusan-keputusan yang berhubungan dengan pengadaan modal bagi perusahaan.
        Di universitas, mata kuliah Ekonomika Manajerial diajarkan pada tingkat sarjana S1  (undergraduate) dan pada sekolah-sekolah bisnis. Mata kuliah ini dianggap sebagai “mata kuliah integrasi”, yaitu mengintegrasikan banyak konsep dari berbagai mata kuliah prasyarat seperti ekonomika mikro, matematika bisnis/ekonomi, ekonomika keuangan, teori permainan, peramalan bisnis (business forecasting), dan ekonomika industri.

Ruang Lingkup Ekonomika Manajerial


      Ekonomika manajerial erat kaitannya dengan  permasalahan-permasalahan yang terjadi di dunia bisnis seperti permasalahan-permasalahan produksi, keuangan/modal, akuntansi, investasi, penjualan, promosi/marketing, dan lain-lain.   

 

Peranan Keputusan Permintaan Masyarakat

    
      “Permintaan”, dalam konsep ekonomika berarti kemauan masyarakat untuk membeli komoditas pada berbagai tingkat harga. Analisis permintaan ini sangat penting bagi suatu perusahaan karena penerimaan (revenue), keuntungan (profit) dan pendapatan pekerja sangat tergantung padanya.

 

Keputusan Produksi yang Optimum

    
       Jumlah produksi yang optimum, adalah suatu keputusan yang harus dibuat oleh seorang manajer perusahaan agar keuntungan perusahaan maksimum. Secara teoritis, bila hasil penjualan marjinal (MR) sama dengan biaya marjinal (MC), maka akan tercapai keuntungan maksimum.
      Seorang manajer perusahaan harus dapat menjawab paling tidak empat pertanyaan yang berhubungan dengan produksi ini yaitu:  (a)  what to produce, (b) how to produce, (c) how much to produce, dan (d)  for whom to produce.

(a) What to produce?

Produk-produk seperti makanan, pakaian, mesin-mesin, dan lain-lain, dapat diproduksi oleh perusahaan, tergantung pada selera dan kebutuhan konsumen

(b) How to produce?

Barang-barang dapat dibuat dengan teknologi tertentu. Perusahaan dapat memilih dan menggunakan, misalnya, dengan teknologi  capital intensive atau teknologi labor intensive.

(c) How much to produce?

Berapa banyak yang harus diproduksi? Ini sangat tergantung pada kemampuan produksi dan juga kebutuhan masyarakat.

(d) For whom to produce?

Barang-barang yang dihasilkan oleh perusahaan tentu diperuntukkan bagi masyarakat konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar