SINOPSIS EKONOMIKA MANAJERIAL
Ekonomika
Manajerial (Managerial Economics)
didefinisikan sebagai ilmu yang berkaitan dengan aplikasi konsep-konsep dan
analisis ekonomi untuk memecahkan permasalahan dan memformulasikan keputusan
manajerial secara rasional. Ilmu ini kadang-kadang disebut sebagai “ekonomika
bisnis” dan merupakan cabang dari ekonomika yang menggunakan analisis ekonomika
mikro untuk membuat keputusan bisnis atau unit-unit manajemen lainnya. Dengan
demikian, ia “menjembatani” teori ekonomika dan bisnis dalam praktek.
Ekonomika manajerial banyak menggunakan
teknik-teknik kuantitatif seperti analisis regresi dan korelasi, Lagrangian calculus (linear), konsep-konsep
derivatif (turunan), marginal cost,
marginal revenue, dan lain-lain. Optimisasi keputusan bisnis, yaitu
keuntungan maksimum, yang diperoleh dengan optimisasi output, merupakan
pembahasan utama dari ekonomika manajerial.
Sedang area
keputusan manajerial mencakup:
·
Perkiraan dana yang dapat diinvestasikan
·
Memilih alaternatif bisnis
·
Memilih produk
·
Menentukan output optimum
·
Menentukan harga produk
·
Menentukan kombinasi input dan teknologi
·
Promosi penjualan
Bisnis apa pun dapat dianalisis dengan menggunakan
teknik-teknik atau metode ekonomika manajerial, yang mana teknik-teknik tersebut
biasanya dipakai untuk:
·
Analisis risiko – berbagai model yang
biasa digunakan untuk menghitung risiko dan informasi asimetrik dan
menggunakannya untuk mengendalikan risiko.
·
Analisis produksi – teknik-teknik ekonomi
mikro biasa digunakan untuk menganalisis efisiensi produksi, alokasi
faktor-faktor produksi yang optimum, biaya-biaya, economies of scale, dan untuk mengestimasi fungsi biaya.
·
Analisi penentuan harga – teknik-teknik
ekonomika mikro biasa digunakan untuk menganalisis berbagai keputusan-keputusan
tentang harga, penentuan harga produk kombinasi, diskriminasi harga, estimasi
elastisitas harga permontaan, dan memilih metode penentuan harga optimum.
·
Anggaran modal – teori investasi
digunakan untuk mengevaluasi keputusan-keputusan yang berhubungan dengan
pengadaan modal bagi perusahaan.
Di universitas, mata kuliah Ekonomika Manajerial diajarkan pada tingkat
sarjana S1 (undergraduate) dan pada
sekolah-sekolah bisnis. Mata kuliah ini dianggap sebagai “mata kuliah
integrasi”, yaitu mengintegrasikan banyak konsep dari berbagai mata kuliah
prasyarat seperti ekonomika mikro, matematika bisnis/ekonomi, ekonomika
keuangan, teori permainan, peramalan bisnis (business forecasting), dan
ekonomika industri.
Ruang Lingkup Ekonomika Manajerial
Ekonomika manajerial erat kaitannya
dengan permasalahan-permasalahan yang
terjadi di dunia bisnis seperti permasalahan-permasalahan produksi,
keuangan/modal, akuntansi, investasi, penjualan, promosi/marketing, dan
lain-lain.
Peranan Keputusan Permintaan Masyarakat
“Permintaan”, dalam konsep ekonomika
berarti kemauan masyarakat untuk membeli komoditas pada berbagai tingkat harga.
Analisis permintaan ini sangat penting bagi suatu perusahaan karena penerimaan
(revenue), keuntungan (profit) dan pendapatan pekerja sangat tergantung
padanya.
Keputusan Produksi yang Optimum
Jumlah produksi yang optimum, adalah
suatu keputusan yang harus dibuat oleh seorang manajer perusahaan agar
keuntungan perusahaan maksimum. Secara teoritis, bila hasil penjualan marjinal
(MR) sama dengan biaya marjinal (MC), maka akan tercapai keuntungan maksimum.
Seorang manajer perusahaan harus dapat
menjawab paling tidak empat pertanyaan yang berhubungan dengan produksi ini
yaitu:
(a) what to produce, (b) how to
produce, (c) how much to produce, dan (d) for whom to produce.
(a) What to produce?
Produk-produk
seperti makanan, pakaian, mesin-mesin, dan lain-lain, dapat diproduksi oleh
perusahaan, tergantung pada selera dan kebutuhan konsumen
(b) How to produce?
Barang-barang
dapat dibuat dengan teknologi tertentu. Perusahaan dapat memilih dan
menggunakan, misalnya, dengan teknologi capital intensive atau teknologi labor intensive.
(c) How much to produce?
Berapa banyak
yang harus diproduksi? Ini sangat tergantung pada kemampuan produksi dan juga
kebutuhan masyarakat.
(d) For whom to produce?
Barang-barang
yang dihasilkan oleh perusahaan tentu diperuntukkan bagi masyarakat konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar